Di era sekarang segala kemudahan dan paket instan selalu diupayakan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Apalagi dengan adanya Internet yang sudah membumi dengan kehidupan kita, segalanya jadi serba mudah. Dunia yang luas menjadi sempit.... haiyah bahasanya agak lebay dikit gapapa ya,.... tapi kenyataannya memang demikian. Bahwa kl sekarang kita hidup di era digital ini semuanya jadi serba instan. Misalnya, mau nyari produk / barang gak perlu ke supermarket / mall tinggal browsing ja, mau kirim surat gak perlu ke kantor pos tinggal klik send email, mau bayar cicilan gak perlu ke Bank tinggal pake mobile banking, mau nonton film terbaru gak perlu ke twentyone tinggal download, mau nyari lowongan kerja juga gak perlu datang dari pintu-ke pintu,.... mau ngikutin seputar berita dan bahkan sekedar gosip juga tinggal kunjungi web-nya.
Perkembangan teknologi membuat manusia mudah dalam melakukan
kegiatannya sehari-hari. Salah satu implementasi dari teknologi yang berguna
bagi kelancaran kegiatan manusia adalah internet. Internet begitu cepat
berkembang mulai dari jaringan e-mail biasa sampai melakukan pencarian
informasi dapat dilakukan menggunakan jaringan internet.
Internet kemudian menjadi dasar dari berkembangnya dunia pemasaran. Apa
yang disebut dengan marketing online yang merupakan perpaduan internet dan
proses pemasaran. Mulai dari perusahaan yang kecil, menengah sampai besar
dapat terbilang sedikit jumlahnya yang tidak memiliki website sebagai sarana
penjualan produk online.
Di Indonesia saja kita dapat merasakan kehadiran online shop yang
memudahkan kita untuk berbelanja. Tidak perlu repot-repot pergi kesana kemari
untuk membeli suatu barang, hanya dengan sebuah komputer dan jaringan
internet yang tersambung, kita sudah dapat melakukan pembelian suatu barang
menggunakan kartu kredit atau dengan mentransfer uang sejumlah harga barang
yang terpampang pada website toko online tersebut tanpa harus mengeluarkan
ongkos untuk pergi ke suatu toko yang jauh atau harus membuang sekian jam di
jalan menuju toko tersebut.
Bicara tentang marketing online itu sendiri adalah sebuah konsep marketing yang
dipindahkan ke dalam wadah online atau menggunakan jaringan internet.
Perbedaan marketing biasa dengan online adalah pada efisiensi dan efektivitas
strategi marketing itu sendiri. Berhubung saat ini orang sudah banyak yang
melek teknologi internet, tentunya strategi marketing secara online akan berbeda
bahkan lebih besar kemungkinan berhasilnya dibandingkan dengan tidak online.
xiii | Halaman
Dalam buku ini disajikan mulai dari konsep marketing online, membuat website,
teknik menaikkan ranking pengunjung, melakukan pemasaran di media sosial,
membuat dan menggunakan email marketing serta teknik pembuatan atau
penggunaa iklan pay per click.
Materi Pemasaran Online dihadirkan untuk siswa siswi kelas X dan XI khususnya untuk SMK Kejuruan - Pemasaran. Ini merupakan suatu tantangan baru bagi para siswa agar lebih mengenal jalur distribusi baru dalam pemasaran melalui media internet. Siswa diharapkan untuk menguasai Microsoft Office dan Internet sebelum lebih jauh mengetahui pemanfaatannya dalam dunia bisnis / pemasaran. Siswa diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan marketing online ini dalam kehidupan sehari-hari untuk memulai membangun sikap Enterprenour dan berwirausaha sendiri.
Nah bagi siswa yang ingin belajar dan memperdalam materi Pemasaran Online SMK Pemasaran dapat mengunduh Buku Pemasaran Online -Endah Nirmala, S.Kom, M.T
Download Link
terima kasih yah sudah mau berbagi
BalasHapusTerimakasih mas Yatno, sudah share2 ke semua.
BalasHapusThanks y
BalasHapus