Adsense

<script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1244610636145975'/>

Jumat, 21 November 2014

SOAL-SOAL : Peluang Baru Terhadap Pelanggan - Semester. 1 / 2014



 

 ULANGAN HARIAN

MATA PELAJARAN                            : PELUANG BARU
STANDAR KOMPETENSI                  : MENEMUKAN PELUANG BARU DARI PELANGGAN
SEMESTER / TAHUN                         : I / 2014

Kerjakan soal di bawah ini dengan memberikan tanda silang pada jawaban yang paling tepat !
1.        Pelanggan eksternal akan semakin percaya dengan adanya service yang memuaskan. Ini diwujudkan oleh pelaku usaha dengan….
a.        Kerjasama mitra perusahaan                 c. Pelayanan purna jual                                             e. Struktur kerja yang efisien
b.        Kualitas pekerjaan                                  d. Komitmen dan loyalitas kerja

2.        Yang tidak termasuk langkah perusahaan terhadap orientasi konsumen yaitu
a.        Strategi dalam membedakan keuntungan                                          d. Menentukan kebutuhan umum
b.        Membedakan produk dan pesan-pesannya                                       e. Membangun ikatan bisnis dengan mitra perusahaan
c.        Mengadakan riset konsumen

3.        Suatu hal yang diinginkan konsumen yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membeli dinamakan ….
a.          Penilaian (Perseption)                         c. Permintaan                                                            e. Kebutuhan
b.          Kepuasan                                            d. Keinginan

4.        Proses untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia menjadi konsep pemasaran yang dapat diaktualisasikan dalam kegiatan berikut, kecuali…..
a.        Pengiriman Barang                                c. Pemenuhan Produk                                              e. Penetapan Harga
b.        Meningkatkan Pembelian                       d. Promosi

5.        Dalam kaitannya bahwa manusia memiliki keinginan (desire) untuk memenuhi kebutuhannya, digambarkan pada perilaku berikut ini ….
a.        Seseorang memperhatikan iklan Smartphone di media televisi
b.        Kemudian ia mulai browsing mencari informasi tentang produk tersebut
c.        Membandingkan review produk dengan produk sejenis pesaingnya
d.        Mengadakan kontak melalui YM dan BBM si penjual
e.        Terjadi kesepakatan harga dan ia mentransfer sejumlah uang

6.        Pilihan ini bukan bagian dari 5 Konsep pemasaran yang mendasari kegiatan pemasaran, yaitu
a.        Sosial Marketing Concept                       c. Selling Concept                                                      e. Konsep Product
b.        Produsen Concept                                 d. Marketing Concept

7.        Premis berikut ini dianut oleh konsep Penjualan, kecuali…..
a.        Produsen bertugas mendorong penjualan                       d. Konsumen memerlukan stimulasi promosi
b.        Konsumen siap membeli asal bermutu baik                     e. Konsumen cenderung untuk menolak membeli barang
c.        Konsumen pasti akan membeli jika ia dirangsang

8.        Sebuah tempat karaoke keluarga, belum banyak dijumpai di daerah Belinyu. Jika Anda memulai bisnis ini di kota Belinyu, maka konsep pemasaran yang paling tepat untuk diterapkan adalah…..
a.        Selling Concept                                       c. Production Concept                                               e. Social Marketing Concept
b.        Product Concept                                     d. Marketing Concept
9.        Salah satu distributor Alat tulis di Belinyu, sebut saja Toko Aduh Mak… Ia menjadi barometer harga bagi toko-toko sejenisnya karena ia selalu menjual produknya lebih murah dari pesaingnya, sehingga pelanggannya semakin bertambah banyak. Namun pelayanannya kurang begitu ramah dan kadang kurang perhatian kepada konsumennya. Menurut Anda konsep pemasaran apa yang dianutnya….
a.        Selling Concept                                       c. Production Concept                                               e. Social Marketing Concept
b.        Product Concept                                     d. Marketing Concept
10.     Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikan pembuatannya, tetapi lebih terletak pada….
a.        Keindahan kemasannya
b.        Terjangkaunya daya beli masyarakatnya (ability)
c.        Manfaat atau jasa yang diberikan produk tersebut bagi konsumen
d.        Menarik tidaknya review produk yang ditampilkan
e.        Terjangkau dan mudah didapatkannya









Jawablah soal essay berikut ini dengan jelas dan benar !

1.        Apa perbedaan dari “Keinginan” dan  Peermintaan Internal” itu?
2.        Mempertahankan pelanggan lebih penting dari pada memikat pelanggan baru. Hal ini sangat dipentingkan karena pemenuhan kepuasan pada pelanggan akan memberikan beberapa implikasi bagi perusahaan, sebutkan !
3.        Jelaskan mengenai sasaran utama marketing concept menurut Bygrave th.1994 !
4.        Berikan 3 premis yang mendasari konsep pemasaran kemasyarakatan !
5.        Berikan contoh produk / perusahaan sesuai konsep pemasaran yang ditentukan dan berikan alasan sesuai pengamatanmu !

Pelaku Usaha
Konsep Pemasaran
Alasan Anda
a.     AQUA (PT. Danone)





b.     ……..



c.     ……..
a.     Social Marketing Concept





b.    Selling Concept



c.     Production Concept
·      Produknya tetap menjadi ikon air mineral di Indonesia.
·      Dipercaya kualitasnya dari dulu kala hingga sekarang.
·      Mengelola kelestarian sumber mata air pegunungan untuk kesejahteraan masyarakat jangka panjang

·      ……..
·      ……..
·      ……..

·      ……..
·      ……..
·      ……..




Goodluck J





































 




ULANGAN HARIAN

MATA PELAJARAN            : PELUANG BARU DARI PELANGGAN
KOMPETENSI DASAR      : Mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan
SEMESTER / TAHUN        : I / 2014

Kerjakan soal di bawah ini dengan memberikan tanda silang pada jawaban yang pali ng tepat !

1.       Kebutuhan akan pakaian merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi konsumen. Mereka tidak memikirkan daya beli terhadap barang tersebut karena manfaatnya. Hal ini merupakan jenis permintaan ….
a.       Permintaan Efektif                              c. Permintaan Umum
b.       Permintaan Potensial                        d. Permintaan Wajib                                             e. Permintaan Tak Terjamin

2.       Yang bukan merupakan tujuan dari strategi pemasaran yaitu ….
a.       Meningkatkan kepuasan konsumen                             d. Meningkatkan omzet penjualan
b.       Meningkatkan Elastisitas Permintaan                           e. Melaksanakan segmentasi pasar
c.        Mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya

3.       Elastisitas permintaan dipengaruhi oleh ketersediaan akan barang substitusi dengan pemahaman bahwa “Semakin banyak barang substitusi ,maka elastisitas permintaan ….
a.       Mengalami penurunan                      c. Semakin Tinggi                                                 e. Semakin Fluktuatif
b.       Menjadi Sempurna                            d. Semakin Rendah

4.       Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran pada suatu perusahaan salah satunya adalah Lingkungan Mikro. Berikut ini yang tidak termasuk lingkungan mikro perusahaan adalah ….
a.         Lingkungan Kependudukan         c. Pemasok                                                             e. Kompetitor
b.         Para Pelanggan                              d. Para agen pemasaran

5.       Tidak adanya pengharapan (Expectation) terhadap suatu barang meski terdapat perubahan drastis pada harga barang tersebut, akan mengakibatkan ….
a.       Jumlah permintaan semakin berkurang                                   d. Jumlah permintaan semakin fluktuatif
b.       Jumlah permintaan semakin bertambah                                  e. Jumlah permintaan menjadi inelastis
c.        Jumlah permintaan tetap stabil

6.       Perusahaan sebelum menjalankan strategi pemasarannya harus melewati tahap analisa SWOT, yaitu terdiri dari….
a.       Social Response, Weakness, Opportunity and Truth             d. Strenght, Weakness, Otority and Treath
b.       Strenght, Weakness, Opportunity and Treath                          e. Social Response, Waste, Opportunity and Treath
c.        Strenght, Waste, Opportunity and Treath

7.       Peningkatan kemajuan teknologi menjadi factor khusus yang mempengaruhi strategi pemasaran, berikut ini tidak termasuk kebijakan perusahaan dalam menangani hal itu yaitu ….
a.       Pembaharuan teknologi                                                                                                     d. Peningkatan biaya sumber daya energy                                                              
b.       Penyempurnaan produk                                                                                                     e. Biaya pengembangan dan penelitian
c.        Peraturan yang berkenaan dengan perubahan IPTEK

8.       Berikut ini ciri-ciri market follower, kecuali …
a.       Membuat differensiasi produk, namun masih mengikuti market leader
b.       Berusaha menyamai perusahaan market leader
c.        Mengamati secara selektif kepada market leader
d.       Mengisi celah-celah pasar yang terlewatkan oleh market leader
e.       Selalu menonjolkan sifat / karakter khas perusahaan kepada konsumennya

9.       Bagi masyarakat Belinyu pada umumnya sudah mengenal pembelanjaan secara online, namun masih sedikit bagi mereka yang benar-benar bertransaksi online dikarenakan factor knowledge (Pengetahuan). Saya mengambil peluang ini untuk menjadi reseller dalam membantu memasarkan produk-produk online tersebut dengan bantuan media catalog, brosur maupun foto-foto produk baik secara offline maupun online melalui media facebook sehingga masyarakat lebih mudah menerimanya. Dalam hal ini jenis usaha yang saya kelola termasuk kelompok….
a.       Market Leader                                      c. Market Challenger                                            e. Marketing Online
b.       Market Follower                                   d. Market Nicher

10.    Berikut ini beberapa variable segmentasi pasar yang ditentukan berdasarkan factor Demografis, kecuali….
a.       Umur                                                      c. Latar belakang pendidikan                             e. Jumlah populasi
b.       Mata Pencaharian                               d. Gaya hidup


11.    Mereka dapat menyerang Market leader dan pesaing-pesaing lainnya dalam suatu usaha yang gencar merebut bagian pasar, sehingga dikenal dengan istilah perusahaan Runner Up. Perusahaan seperti ini termasuk kelompok usaha….
a.       Marketing Concept                             c. Market Leader                                                    e. Market Nicher
b.       Market Follower                                  d. Market Challenger

12.    Yang tidak termasuk ke dalam factor yang mempengaruhi segmentasi pasar menurut Philip Kotler (1997 : 250) adalah ….
a.       Sikap dan kebiasaan konsumen    c. Daya beli                                                             e. Lokasi
b.       Faktor Modal                                      d. Perbedaan keinginan pelanggan
13.    Variabel strategi pemasaran berikut ini yang tidak dapat dikontrol yaitu …
a.       Segmentasi Pasar                                                                                                               d. Sumber daya alam
b.       Manfaat atau jasa yang diberikan produk tersebut bagi konsumen                          e. Bauran Pemasaran
c.        Waktu (Timing)
14.    Perusahaan penantang melakukan pemasaran secara besar-besaran untuk menembus daerah pemasaran lawan, dengan menyediakan semua yang dijual oleh perusahaan lawan dengan kapasitas yang lebih besar sehingga tidak mungkin ditolak oleh konsumen. Strategi penyerangan seperti ini dinamakan ….
a.       Serangan lintas                                 c. Serangan Melambung                                     e. Serangan Frontal
b.       Serangan Gerilya                              d. Serangan Mengepung

15.    Di dalam Marketing Mix dikenal istilah 4 P. Berikut yang tidak termasuk di dalamnya adalah ….
a.       Promotion                                           c. Product                                                                e. Place
b.       Prize                                                     d. Price


Jawablah soal essay berikut ini dengan jelas dan benar !

1.       Apa definisi dari Elastisitas Permintaan ? Dan sebutkan faktor2 yang mempengaruhinya !
2.       Sebutkan variable-variable yang tidak dapat dikontrol perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran !
3.       Sebutkan 4 jenis perusahaan perantara pemasaran ! beri contohnya !
4.       Berikan satu contoh strategi pemasaran yang dipengaruhi oleh lingkungan teknologi !
5.       Berikan satu contoh usaha yang hendak Anda lakukan berdasarkan segmentasi pasar perilaku konsumen !



Goodluck

=======================================================================



 











0 komentar:

Posting Komentar

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024, Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024 Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju Tanggal 17 Agustus sela...