Adsense

<script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1244610636145975'/>

Jumat, 21 November 2014

Soal Ulangan Harian : PERALATAN TRANSAKSI - KD : Mengoperasikan Alat Komunikasi / kelas X / Sem.1 /2013





ULANGAN HARIAN

MATA PELAJARAN                            : PENGOPERASIAN PERALATAN TRANSAKSI
STANDAR KOMPETENSI                  : PERSIAPAN DAN PENGOPERASIAN PESAWAT TELEPON
SEMESTER / TAHUN                         : 1 / 2013

Pilih opsi yang paling benar dari soal pilihan ganda di bawah ini

1.         Jenis pesawat telepon yang dapat dihubungkan dengan beberapa workstation menjadi jaringan internal kantor disebut dengan ....
a.     Telepon Central Lokal                                                                    c.  Telepon Rotary Dial
b.     Telepon Switchboard                                                                     d.  Telepon PABX

2.         Pesawat telepon pertama kali dirancang oleh ....
a.       Alexander Bain                                                                                c.   Alexander Graham Bell
b.       Wilbur Schramm                                                                             d.  Antonio Merucci

3.         Jenis pesawat telepon yang mengharuskan pemakai menggunakan bantuan operator untuk mendapatkan saluran keluar, yaitu
a.     Telepon PABX                                                                                  c.  Intercom
b.     Telepon PMBX                                                                                 d.  Telepon Call Center

4.         Ada beberapa macam hubungan telepon ditinjau dari jarak jangkauannya, kecuali
a.       Overseas Call                                                                      c.    SLJJ
b.       Hubungan Antar Bagian                                                    d.    Hunting System

5.         Bagaimana cara melakukan pemanggilan yang benar menggunakan telepon
a.         Angkat gagang telepone, tekan nomor tujuan, letakan gagang telepon
b.        Tekan nomor tujuan, lakukan pembicaraan, letakan gagang telepon
c.         Angkat gagang telepon, tekan nomor tujuan, setelah tersambung lakukan pembicaraan, letakan gagang telepon jika telah selesai.
d.        Tekan Redial, angkat telepon, lakukan pembicaraan

6.         Berikut etiket menerima panggilan telepon yang harus di perhatikan, kecuali
a.        Berbicara dengan tempo sedang, tidak terlalu lambat atau terlalu cepat
b.       Suara phonogenic
c.        Cepat dalam menyambungkan telepon kepada pimpinan dengan tidak menanyakan identitas penelepon
d.       Jangan menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan

7.         Apabila ada telepon dari luar untuk atasan Anda, sementara atasan anda sedang sakit dan tidak masuk kerja, maka alasan yang anda berikan yaitu
a.     Atasan saya tidak masuk kerja, silahkan hubungi no.hp nya langsung di 085357450091
b.     Mengatakan bahwa atasan Anda sedang sakit malaria dan sekarang di opname di RS. Medika
c.     Mengatakan bahwa saya tidak tahu kemana beliau pergi, soalnya beliau tidak ada ditempat
d.     Mengatakan bahwa dalam beberapa hari ini atasan kami sedang ada kepentingan pribadi

8.         Berikut ini adalah jenis telepon ditinjau dari letak sumber listriknya, kecuali
a.        Telepon Push Button                                                                      c.  Telepon Local Battery
b.       Telepon Umum Kartu                                                                     d.  Telepon Rotary Dial

9.         Berikut ini adalah sikap efektif yang perlu dimiliki dalam bertelepon, kecuali
a.        Considerate                                                                                     c.  Contangious
b.       Confuse                                                                                            d.  Commite

10.      Pada saat kita menerima panggilan apa yang harus dilakukan oleh si penerima
a.        Tekan tombol Waiting, lakukan pembicaraan, catat hal penting, tutup telepon
b.       Ucapkan Hallo, lakukan pembicaraan, catat hal penting, tutup telepon.
c.        Angkat Handset telepon, beri salam, lakukan pembicaraan, catat hal penting, tutup telepon
d.       Angkat Handset telepon, lakukan pencatatan hal yang penting dan tutup telepon

11.      Dalam berkomunikasi melalui telepon terdapat faktor phonogenic yang artinya ....
a.        Mampu menemukan cara-cara yang baik dalam menerima telepon
b.       Tidak mudah terbawa emosi disaat penelepon mengungkapkan amarah atau kekecewaan
c.        Suara yang baik, santun, hangat, penuh perhatian saat bertelepon
d.       Selalu memperhatikan pembicaraan penelepon seakan-akan berhadapan langsung dengannya

12.      Sebuah peralatan transaksi yang mampu melakukan telephoto, atau melakukan pengiriman dokumen dengan menggandakan dokumen aslinya secara jarak jauh dinamakan dengan ….
a.       Mesin Fotocopy                                                                              c.  Point of Sale
b.       Faksimile                                                                                           d.  PABX

13.      Untuk mendapatkan saluran ke dalam pada sistem telepon PABX dalam rangka menyambungkan ke penerima telepon (workstation) di pesawat lain, maka operator dapat menekan tombol
c.       Internal                                                                                             c.  Void
d.       Open                                                                                                 d.  Eksternal

14.      Penggunaan telepon untuk lebih dari satu penerima telepon secara bersamaan disebut dengan
a.       Extention PABX                                                                               c.  Conference Call
b.       Transfer Charge Collect Call                                                          d.  Hunting

15.      Kita bisa menjawab telepon secara otomatis dan merekam telepon yang masuk melalui fasilitas telepon yang disebut
a.        Conference Call                                                                              c.    Telepon Answering Machine
b.       Telepon Switchboard                                                                     d.    Telepon PABX


Essay
Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas, singkat dan tepat !

1.       Sebutkan 5 etika yang perlu diperhatikan pada saat melakukan komunikasi melalui telepon ?
2.       Sebutkan 4 macam jenis sambungan telepon ? dan beri penjelasan singkat !
3.       Jelaskan langkah melakukan panggilan SLI (Sambungan Langsung Internasional), dengan contoh !
4.       Sebutkan beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya fasilitas loudspeaker pada telepon ?
5.       Buatlah karangan percakapan formal antara marketing dengan konsumen melalui telepon, dengan tema menawarkan sebuah produk (lengkap dengan nama produk dan keunggulannya) !










Goodluck





0 komentar:

Posting Komentar

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024, Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024 Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju Tanggal 17 Agustus sela...