IMPLEMENTASI STRATEGI PENJUALAN DAN DIGITAL MARKETING
SISWA SMK YAPENKOS BELINYU TAHUN 2023
Di era saat ini kita tidak bisa memungkiri bahwa jaman sudah berubah. Era Digital saat ini membawa dampak sangat signifikan di berbagai sendi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi digital seakan terus melaju tak terbendung lagi yang memaksa kita untuk mengikuti geraknya dan berupaya untuk dapat mengadaptasikan diri.
Dalam dunia perdagangan saat ini, siapapun bisa berbisnis. Sederhananya kita semua bisa memiliki bisnis dengan modal seminim mungkin dan hanya berbekal peralatan digital seperti smartphone dan internet tentunya. Inilah salah satu dampak positif dari era digital yang membuat setiap individu mampu untuk mem-broadcast informasi atau pesan secara mandiri melalui berbagai platform berbasis internet. Seperti halnya para pelaku bisnis online (Online Marketer) yang tumbuh seperti jamur di musim hujan dapat kita lihat di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram maupun Tiktok.
Indonesia memiliki sumber daya pasar yang sangat besar dengan jumlah penduduknya yang mencapai 260 juta jiwa, bahkan lebih. Menurut riset Google dan Bain Company, Indonesia menjadi target pasar terbesar E-Commerce di Asia Tenggara, maka dari itu alangkah ruginya jika kita tidak turut andil menjadi pemain bisnis di negeri sendiri. Melihat pengalaman dari pandemi covid tahun lalu, sangat masuk akal jika peranan E-Commerce mampu menjadi pilar penunjang perekonomian negara. Ditengah suramnya perdagangan offline saat terdampak pandemi, sebaliknya justru perdagangan online mampu bertahan bahkan meningkat secara signifikan.
Indonesia memiliki sumber daya pasar yang sangat besar dengan jumlah penduduknya yang mencapai 260 juta jiwa, bahkan lebih. Menurut riset Google dan Bain Company, Indonesia menjadi target pasar terbesar E-Commerce di Asia Tenggara, maka dari itu alangkah ruginya jika kita tidak turut andil menjadi pemain bisnis di negeri sendiri. Melihat pengalaman dari pandemi covid tahun lalu, sangat masuk akal jika peranan E-Commerce mampu menjadi pilar penunjang perekonomian negara. Ditengah suramnya perdagangan offline saat terdampak pandemi, sebaliknya justru perdagangan online mampu bertahan bahkan meningkat secara signifikan.
SMK Yapenkos Belinyu sangat intensif dalam membekali siswa siswi nya untuk mengenal dunia bisnis online, strategi-strategi pemasaran dan penjualan, serta melatih daya analisa para siswa dalam mencari peluang baru di tengah kompetisi era digital ini, dimana kualitas dan kecepatan dalam menyampaikan informasi menjadi sangat fundamental dalam proses memperkenalkan suatu bisnis. Sebagai salah satu SMK berbasis Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) di kota Belinyu, tak kalah dengan SMK lainnya di kota besar, kami selalu mengukur keberhasilan output sekolah kami dengan indikator lulusan yang diserap oleh dunia kerja / industri dalam prosentase yang cukup tinggi. Hal tersebut menjadi prioritas kami para pendidik agar tetap konsisten dan terus meningkatkan kualitas dalam membekali siswa dengan kompetensi Bisnis Daring dan Pemasaran, serta soft skill yang sesuai dengan kejuruan ini. Seperti salah satunya yaitu penguasaan platform digital dalam pemasaran menjadi muatan penting dalam kompetensi BDP, dimana kompetensi ini sangat dibutuhkan oleh industri pasar digital saat ini.
Foto Siswa dalam aktifitas penjualan di sekolah |
Pembelajaran praktik di SMK BDP menjadi efektif saat siswa terjun langsung dalam proses pengelolaan bisnis baik secara offline maupun online. Karena dengan metode Project Base Learning ini siswa mendapatkan pengalaman kerja baik secara individu maupun kelompok serta pendekatan secara komprehensif terhadap keselerasan teori dengan kondisi sebenarnya saat di lapangan. Dengan ini siswa mendapatkan kesempatan untuk uji kelayakan dalam mengelola bisnisnya dalam periode yang ditentukan. Sebagai Guru terkadang kita tidak bisa menilai sebelah mata, ada beberapa siswa yang kurang kemampuannya dalam aspek teori, namun disisi lain siswa dapat menguasai alur kerja. memiliki etos kerja dan mampu berperan baik dalam teamwork disaat praktiknya.
(Foto Dokumentasi Transaksi dengan Pembeli)
NEGOISASI & PELAYANAN PRIMA DI LOKASI PENJUALAN
Para siswa kelas XII yang sedang melaksanakan praktikum penjualan ini mengusung tema "Kuliner Kekinian" dalam kegiatan ini. Aktifitas ini secara resmi dilaksanakan pada awal Januari lalu, hingga pertengahan Maret 2023 menjelang pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2023. Mereka bekerja secara kelompok (Team Penjualan) yang dipilih secara acak dari tiap rombel. Praktik ini sarat dengan muatan produktif, mulai dari menentukan ide jualan, administrasi pemasaran, negoisasi, bisnis ritel, komunikasi bisnis, bisnis online, pelayanan prima, akuntansi penjualan, pencatatan laporan keuangan dan tentunya praktik kewirausahaan.
(Foto Dokumentasi Transaksi dengan Pembeli)
PENGGUNAAN MOBILE MARKETING UNTUK PROMOSI DAN BRANDING
PENGGUNAAN MOBILE MARKETING UNTUK PROMOSI DAN BRANDING
Salah satu komponen pemasaran online yaitu dengan pemanfaatan Mobile Marketing. Salah satu hegemoni pemanfaatan smartphone yang begitu marak saat ini seharusnya menjadi channel untuk penyebaran informasi bisnis dan brand bagi para pelaku usaha. Tidak hanya dalam bentuk campaign, berbagai fitur yang terdapat dalam smartphone seperti aplikasi editing memiliki peran penting dalam pembuatan flyer, brosur dan banner promosi anda. Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi BDP ini membuat brosur melalui perangkat mobile mereka. Salah satu softskill yang perlu dimiliki oleh para pebisnis yaitu membuat konten promosi menggunakan aplikasi digital. Keren bukan ?
(Desain Brosur Promosi dibuat melalui Aplikasi Smartphone)
PENCATATAN TRANSAKSI SECARA DIGITAL
Mengapa perlu mencatat transaksi keuangan ? Setiap bisnis seperti contohnya toko ritel dan UMKM tentunya wajib memiliki pencatatan keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran. Karena dari data itulah kita mengetahui apakah usaha kita mendapatkan laba atau rugi. Disini siswa dilatih untuk berhitung, teliti dan konsisten dalam menjalankan tugasnya sebagai pebisnis. Pencatatan keuangan yang rapi dan jelas akan mempermudah kita untuk melacak segala pemasukan dan pengeluaran. Jadi siswa sendiri akan lebih menguasai tidak hanya urusan eksternal dengan konsumen, melainkan urusan internal dengan finansial juga menjadi perhatiannya.
Karena kebutuhan pencatatan keuangan ini menjadi salah satu hal vital dalam sebuah menejemen bisnis, maka siswa perlu mengetahui teknik pencatatan yang lebih efisien, praktis, cepat dan akurat dalam hal pengelolaan data keuangan. Penggunaan platform digital untuk pencatatan keuangan saat ini sudah tersedia secara beragam. Berbagai smartphone berbasis Android, IOS, Windows Phone, dll memiliki ragam aplikasi tersendiri untuk anda gunakan. Dengan menggunakan media digital dalam pencatatan transaksi keuangan, siswa akan lebih mudah mengevaluasi dan tidak perlu repot lagi membuat laporan periode mingguan, bulanan dan sebagainya. Tak hanya itu saja, siswa juga belajar menganalisa dari data-data yang ada seperti pendapatan dan biaya-biaya, sehingga menjadi pertimbangan dalam perencanaan strategi pemasaran kedepannya.
Berikut adalah aktifitas siswa yang secara individu sedang melakukan pencatatan transaksi melalui platform digital, sesuai dengan spesifikasi smartphone yang digunakan. Ini adalah hal baru bagi mereka, bisa kami lihat mereka belajar dengan sukacita dan antusias untuk melihat kesimpulan dari bisnis mereka. Untung ataukah Rugi,.... hehe. Tetap semangat ya Siswa....
Karena kebutuhan pencatatan keuangan ini menjadi salah satu hal vital dalam sebuah menejemen bisnis, maka siswa perlu mengetahui teknik pencatatan yang lebih efisien, praktis, cepat dan akurat dalam hal pengelolaan data keuangan. Penggunaan platform digital untuk pencatatan keuangan saat ini sudah tersedia secara beragam. Berbagai smartphone berbasis Android, IOS, Windows Phone, dll memiliki ragam aplikasi tersendiri untuk anda gunakan. Dengan menggunakan media digital dalam pencatatan transaksi keuangan, siswa akan lebih mudah mengevaluasi dan tidak perlu repot lagi membuat laporan periode mingguan, bulanan dan sebagainya. Tak hanya itu saja, siswa juga belajar menganalisa dari data-data yang ada seperti pendapatan dan biaya-biaya, sehingga menjadi pertimbangan dalam perencanaan strategi pemasaran kedepannya.
Berikut adalah aktifitas siswa yang secara individu sedang melakukan pencatatan transaksi melalui platform digital, sesuai dengan spesifikasi smartphone yang digunakan. Ini adalah hal baru bagi mereka, bisa kami lihat mereka belajar dengan sukacita dan antusias untuk melihat kesimpulan dari bisnis mereka. Untung ataukah Rugi,.... hehe. Tetap semangat ya Siswa....
KUMPULAN TESTIMONI
Testimoni menjadi senjata penting dalam pembuatan konten promosi. Hal ini tidak luput dari perhatian siswa siswi pembelajar BDP tentunya. Testimoni adalah bentuk kepuasan pelanggan yang disampaikan kepada publik dalam bentuk teks maupun rich media lainnya seperti gambar atau video. Testimoni menjadi pembuktian kualitas produk yang memiliki sumber originalitas langsung dari penilaian pelanggan atau masyarakat tertentu (Social Proof). Karena itu dengan memanfaatkan testimoni yang efektif, seorang penjual mampu meraih kepercayaan pasar secara efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Siswa sangat antusias melaksanakan pembelajaran praktikum ini. Selanjutnya kami sebagai pihak sekolah siap memfasilitasi, memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa, serta terus mendorong kelangsungan program ini demi kemajuan pendidikan siswa di SMK Yapenkos Belinyu. Semoga siswa siswi bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat guna membekali diri mereka di masa depan.
Jangan pernah berhenti menimba ilmu, meningkatkan kualitas diri dan terus berkarya nak,....
Semoga tulisan ini bermanfaat.
Semoga tulisan ini bermanfaat.
(Red. Suyatno Uyas)
0 komentar:
Posting Komentar