Adsense

<script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1244610636145975'/>

Kamis, 14 September 2017

SOAL ULANGAN DAN JAWABAN MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE KELAS X TAHUN PELAJARAN 2017/2018



ULANGAN HARIAN
MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE
KELAS X
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pilihlah jawaban yang menurut Anda paling benar, dengan jujur dan bertanggungjawab !


1. Yang dimaksud dengan internet adalah:
a.    Kumpulan komputer yang saling terhubung dalam sebuah ruangan
b.    Kumpulan komputer yang tidak terhubung dalam bentuk jaringan
c.    Kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam bentuk jaringan
d.    Kumpulan komputer yang memiliki kecepatan proses yang sama
e.    Kumpulan komputer yang dapat saling mengendalikan satu dengan yang lain

2. Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh:
a.    Departemen Pertahanan Amerika
b.    Departemen Pertahanan Jepang
c.    Departemen Pertahanan Rusia
d.    Departemen Pertahanan Inggris
e.    Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

3. Munculnya internet di awal tahun 60-an melalui proyek yang disebut:
a.    TCP / IP                            d. NSFNET
b.    ARPANET                          e. BITNET
c.    DARPA

4.Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran atau promosi agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan merupakan pengertian dari....
a.    Pemasaran Online           d. Bisnis Online
b.    Berita Online                   e. Iklan Online
c.    Promosi Online

5.Contoh WEB penyedia iklan gratis yaitu...
c.    www.google.com
d.    www.blogger.com

6.Proses memperkenalkan produk / jasa dan informasi yang dilakukan secara elekttronik dengan memanfaatkan jaringan komputer berbasis internet merupakan pengertian dari...
a.    Internet
b.    Iklan Online
c.    Pemasaran Online
d.    Marketing Content
e.    AdBlock

7.Sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi secara sosial, berpartisipasi, berbagi informasi dan menciptakan isi meliputi jejaring sosial, grup dan dunia virtual merupakan pengertian dari....
a.    Website                            d. Media Massa
b.    Elektronik Mail                e. Media sosial 
c.    Online Shop

8. Pemasaran online memungkinkan untuk memetakan data tertentu dari target pasar seperti halnya gender, usia, dan lokasi, dan bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Ini adalah salah satu manfaat Pemasaran Online dilihat dari aspek ....
a.    Media yang digunakan
b.    Sasaran Demografis
c.    Efektifitas Biaya
d.    Konversi Instan
e.    Perubahan Konten yang Cepat

9. Keuntungan konsumen dalam pemasaran online salah satunya adalah kemudahan dalam memperoleh
informasi mengenai produk yang mereka cari dengan mengetikkan sebuah kata kunci tertentu pada sebuah perangkat lunak layanan internet yang disebut....
a.    Browser                            d. Iklan Online
b.    Search Engine                  e. Email Marketing
c.    Google Advert

10. Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan pemasaran online. Berikut ini yang bukan merupakan media pemasaran online adalah...
a.    Blogging                           d. Email
b.    Media sosial                     e. Wikipedia
c.    Newsletter

11. Meraih keyakinan konsumen sehingga berkeinginan untuk membeli suatu produk iklan online Anda, dan lalu konsumen berdiskusi langsung dengan Anda mengenai produk tersebut. Hal ini adalah salah satu cara kerja Pemasaran Online yang disebut...
a.    Interest                             d. New Comers
b.    Action                               e. Awareness
c.    Desire

12. Biaya pemasaran online sangat murah bila dibandingkan dengan pemasaran langsung, hal ini dijelaskan dalam pernyataan berikut ini....
a.    Membutuhkan ruang display luas dan penataan produk yang dapat terjangkau oleh pandangan konsumen
b.    Mencetak Brosur dan pamflet untuk menyebarluaskan promosi
c.    Tenaga Pramuniaga sangat dibutuhkan sebagai salah satu penentu keberhasilan promosi dan penjualan
d.    Menghubungkan konten marketing anda dengan layanan sosial media untuk memperluas target pasar
e.    Memilih Koran dan Tabloid sebagai alternative media promosi yang digemari para pembaca

13. Kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan, ketika melakukan pemasaran online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse, dikenal dengan istilah....
a.    Demografi                        d. Social Media
b.    Konversi Instan                 e. Awareness
c.    Interest

14. Untuk meraih kepercayaan dalam online marketing, anda perlu menampilkan semacam pembuktian atau ulasan dari beberapa pembeli  tentang produk atau
jasa yang anda tawarkan. Hal ini dinamakan dengan...
a.    Testimoni                         d. News Letter
b.    PR-Online                         e. Marketing Content
c.    Mailing List

15. Email yang berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk  mempromosikan suatu produk atau jasa disebut dengan....
a.    Web Networking              d. Mailing List
b.    Email Marketing              e. E-Commerce
c.    Online Advertising




ESSAY !

1. Apa yang dimaksud dengan IKLAN ONLINE ?

2. Sebutkan 5 macam media / layanan di Internet untuk Marketing online ?

3. Sebutkan 5 Keunggulan /  Manfaat pemasaran online

4. Jelaskan perbedaan antara Pemasaran Online dengan Pemasaran Offline berdasarkan indikator Usaha Meraih Target Konsumen !

5. Sebutkan 4 komponen cara kerja pemasaran online !





KUNCI JAWABAN :
PILIHAN GANDA
1                   C - Kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam bentuk jaringan
2                   A - Departemen Pertahanan Amerika
3                   B - ARPANET
4                   E -. Iklan Online
5                   E - www.bukalapak.com
6                   C - Pemasaran Online      
7                   E - Media sosial 
8                   B - Sasaran Demografis
9                   B - Search Engine 
10              E – Wikipedia
11              C - Desire
12             D - Menghubungkan konten marketing anda dengan layanan sosial media untuk memperluas target pasar
13              B - Konversi Instan
14              A – Testimoni
15              B - Email Marketing

ESSAY !

1. Apa yang dimaksud dengan iklan online??
   jawab: iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan          layanannya,misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

2. Sebutkan 5 macam media / layanan di Internet untuk Marketing online ?
  jawab: -Email Marketing
             -Website Marketing
             -Viral Video
             -Social Media
             -Google Advertising
             -News Letter

3. Apa saja Manfaat pemasaran online ?:
·        - melakukan perubahan dengan cepat
·        - memperoleh hasil secara real time
·        - menentukan sasaran demografis tertentu
·        - banyak media pilihan
·        - penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
·        - kemampuan konversi instan 

4. Jelaskan perbedaan antara Pemasaran Online dengan Pemasaran Offline berdasarkan indikator Usaha Meraih Target Konsumen !
jawab :
Pemasaran Online :
Melalui media online, Anda memiliki sebuah mesin publikasi konten marketing tercanggih untuk menjangkau setiap pengguna Internet sebanyak-banyaknya melalui berbagai layanan yang tersedia di Internet. Sehingga hal ini akan mendatangkan pembeli lebih banyak dan efektif.
Pemasaran Offline :
Sistem pemasaran Online memiliki keterbatasan dalam meraih target konsumen, khususnya dalam hal faktor penyebaran informasi / iklan kepada masyarakat, serta lokas serta faktor geografis maupun demografis. Berbagai hambatan / kelemahan pada sistem pemasaran Offline membuat pengunjung (calon pembeli) yang datang ke toko Anda akan berkurang.

5. Sebutkan 4 komponen cara kerja pemasaran online !
-awareness
-interest
-desire
-action.

JADWAL PENDAFTARAN ONLINE CPNS PERIODE 2 MULAI 11 - 25 SEPTEMBER 2017 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

JADWAL PENDAFTARAN ONLINE CPNS PERIODE 2 MULAI 11 - 25 SEPTEMBER 2017 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



Pemerintah telah membuka secara Resmi Penerimaan CPNS Periode ke-2. Jadwal Pendaftaran Online telah dibuka dari tanggal 11 September 2017 dan berakhir pada tanggal 25 September 2017.

Silahkan lihat informasi selengkapnya DISINI .

Senin, 14 Agustus 2017

PERAYAAN HUT RI KE 72 TAHUN SMK YAPENKOS BELINYU

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi civitas akademia SMK Yapenkos Belinyu....
Seperti biasanya kami disibukkan berbagai kegiatan di Bulan Agustus ini. Tentunya dalam Rangka Pesta Nasional Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72 tahun. Semaraknya telah kita rasakan bersama dari berbagai pelosok negeri.

Kali ini SMK Yapenkos memiliki agenda PHBN khusus di lingkungan sekolah. Kami isi agenda HUT RI ini dengan kegiatan perlombaan yang bertema "Team Work" dalam rangka merefleksikan tema Nasional "Indonesia Kerja Bersama". Berbagai kegiatan telah kami siapkan bersama dengan para pengurus OSIS diantaranya sebagai berikut :
-  Lomba Enggrang (Tunggal / Estafet)
-  Lomba Gebuk Bantal (Tunggal / Beregu)
-  Balap Karung (Tunggal / Estafet)
-  Tarik Tambang
-  Panjat Pinang (Beregu)
-  Joget Balon

Nah, para pemirsa., selain mengangkat berbagai permainan masa kecil dulu (baca : permainan tradisional),  juga ada Gebuk Bantal dan Joged Balon sebagai sebuah kompetisi yang memiliki unsur jenaka.
Kami lihat diantara siswa dan guru, mereka semua bersinergi, antusias dan turut bersemangat mengikuti acara ini. Bahkan para guru juga disertakan sebagai kontestan lomba. Hal ini mambuat kegiatan ini semakin hangat dan akrab. Beberapa hari ini kita merasakan nuansa kebersamaan, kemerdekaan dan gotong royong yang begitu kental.

Terdapat banyak hal positif dalam kegiatan ini, seperti kerjasama, kedisiplinan, toleransi, gotongroyong, konsistensi, percaya diri, dll. Hal ini sangat penting untuk membekali mental anak didik kita.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 72 TH. 
"Jangan kau tanya apa yang telah Negara berikan untukmu, tanyalah apa yang telah dirimu berikan untuk Negara tercinta ini...! "

*Red. Suyatno

Galery Photo















Kamis, 27 Juli 2017

BUKU PEMASARAN ONLINE KELAS X - KUR. 2013

Assalamualaikum Wr.Wb

Belinyu, 28 Juli 2017
Semoga siswa siswi sekalian dalam keadaan sehat dan bersemangat dalam belajar.
Kompetensi Keahlian Pemasaran merupakan kompetensi keahlian yang menyiapkan tenaga pelaksana yang profesional di bidang bisnis (dunia usaha),  mengembangkan sikap kewirausahaan, serta menjadikan warga negara yang produktif, adaptif, selektif, dan kreatif. 

Marketing atau Pemasaran adalah salah satu kompetensi penting bagi laju pertumbuhan ekonomi bangsa, secara nasional. Bagaimana tidak ? Pemasaran merupakan salah satu rantai dalam proses perdagangan, mulai dari penyusunan gagasan/konsep, kemudian promosi/iklan yang mampu menjangkau konsumen sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan melalui proses penjualan menyeluruh, termasuk pelayanan pra jual.

Bagi seorang wirausahawan (enterpreneur), sangat penting untuk memahami bahwa sekarang era digital sudah bukan lagi barang baru, melainkan sudah menjadi gaya hidup (lifestyle). Marketing online adalah cara pemasaran tercanggih di era ini, bahkan lebih efektif dari pada cara konvensional. Banyak sekali keunggulan dan benefit/manfaat dibandingkan pilihan pemasaran lain yang lebih tradisional.

Salah satu kompetensi SMK Pemasaran di Kurikulum 2013 ini adalah Pemasaran Online. Pemasaran Online akan memberikan keahlian khusus bagi para enterpreneur muda di tingkat SMK. Dengan bekal ini terbukti telah memberikan banyak manfaat bagi siswa siswi. Misalnya, belajar melakukan analisa riset pasar sendiri, menentukan Strategi Pemasaran secara tepat, bahkan bisa berjalan dengan serasi antara mereka sebagai pelajar sekaligus sebagai pebisnis.

Disini akan kami ulas, 5 keutamaan yang dapat membantu Anda untuk memahami mengapa pemasaran online tidak hanya penting, tapi bagaimana informasi yang anda peroleh dari pemasaran online dapat meningkatkan peluang anda untuk  sukses dalam pemasaran offline.

 1 – Anda dapat melakukan perubahan dengan cepat.
Salah satu manfaat dari pemasaran online adalah Anda dapat melakukan perubahan dengan cepat. Ketika Anda melakukan pemasangan iklan, Anda dapat mengubahnya dengan cepat jika terjadi kesalahan dengan cara melakukan pemantauan dan pelacakan apakah iklan dan segala upaya pemasaran Anda bekerja dengan baik. Anda juga dapat memutuskan untuk mengubah grafis atau kata-kata dan melakukan itu semua tanpa ada masalah. Ini yang tidak dimiliki pemasaran tradisional dan periklanan.

2 – Anda dapat menelusuri hasil secara real-time.
Pemasaran online memungkinkan Anda untuk melacak hasil secara real-time menggunakan analisis secara online untuk membuat penentuan bagaimana kampanye pemasaran Anda berkinerja. Ada banyak cara untuk melacak upaya pemasaran tradisional, tetapi sebagian besar saat itu tidak dapat dilakukan secara real-time. Hal ini bisa mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan untuk kampanye Anda.

# 3 – Anda dapat menargetkan demografis tertentu dalam iklan Anda.
Pemasaran online memungkinkan Anda untuk menargetkan demografis tertentu seperti halnya gender, usia, dan lokasi. Anda bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Anda dapat melakukan ini di bidang pemasaran tradisional, tetapi itu tidak mudah dan seringkali merupakan guessing game.

4 – Banyak pilihan dalam pemasaran online
Ada begitu banyak pilihan ketika Anda memutuskan untuk melakukan pemasaran online. Anda bisa menggunakan audio, video, blogging, email, media sosial dan newsletter yang sedang berlangsung. Jika Anda melakukan hal yang sama dalam pemasaran tradisional, Anda harus memilih beberapa outlet media, tidak demikian halnya ketika Anda datang ke pemasaran online.

5 – Kemampuan Konversi Instan
Ketika Anda melakukan pemasaran online, Anda memiliki kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan. Hal ini tidak terjadi ketika melakukan evaluasi pilihan pemasaran dalam media tradisional seperti iklan majalah, surat kabar atau televisi. Ketika Anda memasarkan online, Anda tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi Anda dapat mengambil penjualan seketika dengan beberapa klik mouse. Ketika datang ke pemasaran offline , Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengubah pelanggan menjadi penjualan, belum lagi Anda sering membutuhkan tambahan sumberdaya manusia untuk mengurusnya.




Nah. Artikel ini memberikan pemahaman bagi siswa-siswi khususnya SMK Pemasaran, bahwa kalian sangat beruntung memperoleh materi ini. Sebagai bekal untuk menjadi pebisnis handal nantinya ataupun saat ini juga Anda bisa mempraktekannya secara riil. 
Silahkan bagi para siswa yang membutuhkan BUKU MATERI PEMASARAN ONLINE KELAS X Semester 1 silahkan klik DISINI

Terima kasih. Semoga Bermanfaat
(Red. Suyatno Uyas)

Pustaka :
http://www.marketing.co.id/keuntungan-pemasaran-online-yang-menggiurkan/


Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024, Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024 Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju Tanggal 17 Agustus sela...