Adsense

<script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1244610636145975'/>

Minggu, 17 Februari 2019

KISI - KISI UH PENGOPERASIAN TIMBANGAN DIGITAL DI LOKASI PENJUALAN

KISI-KISI ULANGAN HARIAN

MAPEL                      : PERALATAN TRANSAKSI
KOMPETENSI          : Mengoperasikan Peralatan Transaksi Timbangan Digital
                                     DIGI SCALE SM-100
Tanggal                       :

Kelas                          : XII


  1. Dasar penggunaan Alat Ukur sesuai Undang-undang Metrology Legal
  2. Pengertian Alat Timbang dan Alat Takar
  3. Ketentuan umum yang menjadi dasar tentang sah dan tidaknya suatu alat ukur yang digunakan dalam kegiatan perdagangan
  4. Jenis-Jenis Timbangan
  5. Fungsi Tombol dan bagian-bagian dari Timbangan Digital
  6. Cara menjalankan Timbangan
  7. Prosedur penimbangan melalui PLU dan Preset Key
  8. SOP melayani penimbangan di lokasi penjualan

Silahkan untuk dipelajari lebih detail lagi beserta penjabarannya. Semoga sukses .

Minggu, 26 Agustus 2018

PEMBUATAN NEWSLETTER (NAWALA) : MAPEL BISNIS ONLINE KELAS XI

 Pembahasan blog kali ini adalah mengenai Pelajaran Bisnis Online kelas XI. Adapun pokok bahasannya yaitu tentang Email Marketing. Penggunaan Email Marketing sebagai salah satu media promosi saat ini masih populer dan terbukti efektif untuk kelancaran promosi anda yang dapat teridentifikasi dan terukur keberhasilannya. Dan salah satunya adalah penguasaan terhadap pembuatan Newsletter (Nawala) Surat Elektronik Promosi (Email Promotion).
Oleh karena itu kali ini akan kami berikan informasi bagaimana membuat Newsletter untuk email promosi produk Anda.
Template surat elektronik adalah layout desain siap pakai yang dapat digunakan untuk surat elektronik. Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi kontennya saja. Sangat banyak penyedia layanan surat elektronik yang menawarkan template siap pakai terutama untuk newsletter. Membeli template surat elektronik memiliki keuntungan dan kerugian. Salah satu keuntungannya adalah harga yang murah untuk usaha kecil, fleksibel dan generik, kerugiannya tidak unik dan tidak
mewakili brand suatu perusahaan.
Jika Anda memilih template, pilihlah template yang paling sederhana sehingga dapat disesuaikan dengan brand perusahaan dan konten yang harus diisikan. Template yang telah dirancang harus dilakukan proses pengujian menggunakan aplikasi pembaca surat elektronik (mail klien/mail berbasis web) sehingga dapat dipastikan surat elektronik tersebut tampil dengan baik. Ada beberapa alamat
penyedia template surat elektronik gratis, namun sy rekomendasikan miliknya
SendBlaster.
 Berikut adalah link download aplikasi pembuat newsletter dan Pengelolaan Email Gratis 


Setelah kalian mendownload aplikasi sendblaster, maka selanjutnya pelajari fitur dan cara pengoperasiannya. Banyak fasilitas pengelolaan email serta template untuk membuat Newsletter dengan mudah yang sudah disediakan pada aplikasi tersebut.


 

Minggu, 04 Februari 2018

MODUL PEMASARAN ONLINE K13 KELAS X SMK PEMASARAN

Selamat Siang

Silahkan bagi seluruh siswa siswi SMK, yang membutuhkan bahan ajar Mapel PEMASARAN ONLINE kelas X.

Modul Pemasaran Online Kelas X Kur.13


(Pemasaran Online Kelas 10, Semester 1  ,Endar Nirmala, S.Kom, MT )

Perkembangan teknologi membuat manusia mudah dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Salah satu implementasi dari teknologi yang berguna bagi kelancaran kegiatan manusia adalah internet. Internet begitu cepat berkembang mulai dari jaringan e-mail biasa sampai melakukan pencarian 
informasi dapat dilakukan menggunakan jaringan internet. 
  
Internet kemudian menjadi dasar dari berkembangnya dunia pemasaran. Apa yang disebut dengan marketing online yang merupakan perpaduan internet dan proses pemasaran. Mulai dari perusahaan yang kecil, menengah sampai besar dapat terbilang sedikit jumlahnya yang tidak memiliki website sebagai sarana penjualan produk online. 
  
Di Indonesia saja kita dapat merasakan kehadiran online shop yang memudahkan kita untuk berbelanja. Tidak perlu repot-repot pergi kesana kemari untuk membeli suatu barang, hanya dengan sebuah komputer dan jaringan internet yang tersambung, kita sudah dapat melakukan pembelian suatu barang menggunakan kartu kredit atau dengan mentransfer uang sejumlah harga barang yang terpampang pada website toko online tersebut tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk pergi ke suatu toko yang jauh atau harus membuang sekian jam di jalan menuju toko tersebut. 
   
Bicara tentang marketing online itu sendiri adalah sebuah konsep marketing yang dipindahkan ke dalam wadah online atau menggunakan jaringan internet. Perbedaan marketing biasa dengan online adalah pada efisiensi dan efektivitas strategi marketing itu sendiri. Berhubung saat ini orang sudah banyak yang melek teknologi internet, tentunya strategi marketing secara online akan berbeda 
bahkan lebih besar kemungkinan berhasilnya dibandingkan dengan tidak online. Dalam buku ini disajikan mulai dari konsep marketing online, membuat website, teknik menaikkan ranking pengunjung, melakukan pemasaran di media sosial, membuat dan menggunakan email marketing serta teknik pembuatan atau penggunaa iklan pay per click.    

Beberapa materi Ajar PEMASARAN ONLINE dapat kalian download melalui link di bawah ini :




Oke,.... silahkan didownload, semoga bermanfaat.



Selasa, 28 November 2017

SISTEM TERA DAN KALIBRASI PADA ALAT UKUR



Selamat Siang Siswa.....

Sebagai penunjang bahan ajar tentang PERALATAN UKUR PADA PERDAGANGAN, maka kali ini akan saya sampaikan sedikit uraian milik Andi Wahyudin (https://abunajmu.wordpress.com/2012/10/20/kalibrasi-dan-tera/) tentang sistem kalibrasi dan tera pada Alat Ukur.

 

Kalibrasi dan Tera

Dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah kalibrasi atau verifikasi peralatan ukur untuk memenuhi ISO 9001 klausul 7.6 – Pengendalian Peralatan Pemantauan dan Pengukuran. Di beberapa perusahaan dijumpai peralatan ukur seperti timbangan dilakukan tera bukan kalibrasi. Nah, apa yang membedakan antara kalibrasi dan tera? Mari kita lihat jawabannya berikut ini :
Dari segi metrologi bukan meteorologi, perbedaan mendasar antar kalibrasi dan tera adalah kalibrasi termasuk metrologi industri sedangkan tera merupakan metrologi legal.

Perbedaan Tera dan Kalibrasi :

Metrologi Industri (Kalibrasi)
  1. Sebagai jaminan Mutu yaitu untuk memastikan bahwa sistem pengukuran dan alat ukur di industri berfungsi dengan akurasi yang memadai.
  2. Untuk persiapan, proses produksi maupun pengujian.
  3. Bersifat sukarela, walaupun menjadi bersifat wajib ketika suatu perusahaan menerapkan standar lain seperti ISO 9001, ISO 14001, ataupun OHSAS 18001 karena kalibrasi tersebut tertuang dalam salah satu klausul dari standar tersebut diatas.
  4. Diaudit / ditinjau Assesor /auditor (BSN-KAN).
Metrologi Legal (Tera)
  1. Bertujuan untuk melindungi konsumen
  2. Untuk transaksi perdagangan
  3. Bersifat wajib
  4. Dikontrol oleh Pemerintah
Moga bermanfaat..

bila kalian ingin mendownload artikel tentang TERA dan KALIBRASI lebih luas, silahkan klik tombol di bawah ini :



https://www.dropbox.com/s/oypxs1eb5d73pbs/ANALISIS_PENGGUNAAN_ALAT_ALAT_UKUR%2C_TAKAR%2C_TIMBANG%2C_DAN_PERLENGKAPANNYA_%28UTTP%29_DALAM_PERDAGANGAN_.pdf?dl=0

Minggu, 26 November 2017

JENIS-JENIS ALAT UKUR , ALAT TAKAR DAN ALAT TIMBANG PADA DUNIA PERDAGANGAN

No    Jenis UTTP
 
  1.  Anak Timbangan (set)
  2. Aspalt Mixing Plant
  3.  Badan Ukur
  4. Batching Plant
  5. Bejana Ukur
  6. Dacin Logam
  7. Depth Stick
  8. Flow Meter
  9. Meteran
  10. Pompa Ukur BBM
  11. Roll Meter
  12. Stop Watch
  13. Takaran Basah
  14. Takaran Kering
  15. Tangki Urkur Mobil
  16. Timbangan B. Ingsut
  17. Timbangan Elektronik
  18. Timbangan Meja
  19. Timbangan Pegas
  20. Timbangan Sentisimal
  21. Tutsida
  22. Tutsit
  23. Ukuran Tinggi

Sumber: UPTD. Balai Metrologi Maluku Utara, 2012

Senin, 30 Oktober 2017

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 2017 SMK YAPENKOS BELINYU

MEMAKNAI SUMPAH PEMUDA BAGI SISWA DAN SISWI SEKOLAH 



Bangsa Indonesia memiliki satu hari Besar dan Bermartabat dalam Sejarah Perjuangan Indonesia. Hari dimana semua perbedaan dileburkan menjadi satu. Hari dimana setiap perbedaan menjadi kekuatan yang kokoh, mempersatukan dan membakar semangat para pemuda dan pemudi pada masa itu, 89 tahun yang lalu dan mampu mengagitasi para generasi muda nusantara, dalam perjuangannya mewujudkan cita-cita kemerdekaan negara kesatuan Indonesia.

Iya, itulah Hari Sumpah Pemuda yang baru saja kita peringati pada 28 Oktober 2017 kemarin. Tiga butir “Sumpah Pemuda” tersebut masih terngiang di telinga kita, “Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia dan Berbahasa Satu Bahasa Indonesia”. Dengan gempita para siswa siswi sekolah mengikrarkannya. Namun apakah makna dari ketiga butir itu saat ini masih konsisten kita jalankan. Seolah semakin kita pertanyakan, apakah dalam jiwa para pemuda saat ini masih memegang sumpahnya dalam implementasinya dalam mengisi pembangunan Indonesia ?

Mari kita jujur dan harus mengakui, bahwa saat ini, cita-cita luhur para pendirian bangsa sebagaimana yang diperjuangkan oleh pemoeda tempoe doeloe dengan fakta saat ini mulai luntur. Secara nasional, walau kita telah melewati era reformasi, namun pembangunan masyarakat Indonesia belum seutuhnya terpenuhi, perekonomian semakin tertinggal, kesenjangan sosial makin kentara. Devide et Impera yang dulu pernah dijadikan senjata licik penjajah untuk memecah belah bangsa ini dalam fanatisme kesukuan, berhasil menghancurkan Indonesia. Sedangkan sekarang ini, tanpa adanya penjajah pun justru mulai nampak perpecahan di tubuh NKRI. Perang antar suku, antar Agama, rasisme, terorisme, fanatisme, bahkan hingga disintegrasi Timor Timor dari NKRI sudah cukup mewakili alasan tersebut. 
 
Pengangguran dan kemiskinan adalah PR bangsa Indonesia yang belum terselesaikan, belum lagi korupsi dari tingkat bawah hingga elite yang sudah menjadi bahan berita sehari-hari. Kondisi ini menggambarkan bahwa saat ini kita tengah mengalami krisis moral. Dimana nilai-nilai moral yang mestinya mendasari setiap individu komponen bangsa ini ? 
 
Berbicara tentang moralitas/etika/karakter, maka kembali lagi kita dihadapkan dengan bagaimana sistem pendidikan di negara ini, sebagai mesin pencerdas kehidupan bangsa. Setiap Instansi pendidikan sangat menekankan pada pendidikan karakter yang dikemas dalam sistem pendidikan nasional, kurikulum demi kurikulum, revisi demi revisi. Namun hal itu tidak akan efektif apabila kesadaran tidak tumbuh dalam hati kita masing-masing. Bagaimanapun sistem dibangun secanggih mungkin, apabila Sumber Daya Manusia tidak memiliki kesadaran dan konsistensi untuk menjalankannya, maka sistem tersebut hanya menjadi penghias sampul buku saja. 

Kesadaran harus terus ditanamkan, semangat persatuan kesatuan harus senantiasa kita kuatkan, jiwa gotongroyong dan kekeluargaan harus senantiasa kita pupuk. Mulai dari saya dan anda, lalu kita dan seluruh warga sekolah dan seterusnya dalam ruang lingkup masyarakat lebih luas lagi.

Seperti halnya di sekolah kita, peringatan Sumpah Pemuda setiap tahun kita adakan demi memupuk kembali jiwa persatuan dan kesatuan, minimal di lingkungan sekolah kita. Menyadarkan kembali bahwa kita ini adalah Bhinneka Tunggal Ika. Apalagi di sekolah kita berbagai etnis dan budaya bercampur, namun kita mampu untuk bekerjasama, toleransi beragama, saling menjunjung tinggi adat budaya, saling menghargai perbedaan pendapat, menjalankan musyawarah untuk mufakat, tetap mengikuti etika dalam kearifan lokal kita. Santun dalam perilaku, sikap dan ucapan menjadi prioritas utama dalam berinteraksi di lingkungan sekolah kita.

Kegiatan Sumpah Pemuda ke 89 tahun SMK YAPENKOS Belinyu dilaksanakan hampir 24 jam, aktivitas dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah. Dalam kegiatan ini, kami memiliki tujuan antara lain : menanamkan jiwa nasionalisme dan kebangsaan, menjaga kekeluargan dan keharmonisan, membina siswa untuk dapat bekerjasama, bergotongroyong, mempersiapkan generasi muda yang berkarakter mulia, kreatif, berkompeten dan kelak mampu untuk berkarya turut membangun Indonesia. Semua tujuan tersebut dikemas dalam susunan kegiatan educative sbb :


    1. Lomba Musikalisasi Puisi
    2. Lomba Melukis Mural tema Sumpah Pemuda
    3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Nasional
    4. Ceramah Sumpah Pemuda oleh Kepala Sekolah
    5. Renungan
    6. Pentas Seni
    7. Pelepasan Lampion


Singkat kata, kita setiap warga Negara Indonesia memiliki kewajiban untuk menanamkan semangat Sumpah Pemuda dalam implementasinya di setiap aktifitas kita. Baik secara pribadi, dalam lingkungan instansi sekolah, dalam keluarga, dalam masyarakat luas, dan seterusnya. Dengan peringatan "Hari Sumpah Pemuda" di tahun 2017 ini, maka SMK YAPENKOS Belinyu telah memberikan bekal dan makna strategis bagi seluruh warga sekolah, khususnya para siswa siswi. Dengan kegiatan ini secara rutin setiap tahunnya, semoga mempu melahirkan gagasan-gagasan cerdas, memupuk rasa persatuan, semangat gotongroyong, solidaritas sesama, sehingga mampu mengikat kekuatan generasi muda Indonesia. Apapun persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini semoga akan lebih mudah menemukan jalan keluar dengan diawali persatuan dan kesatuan yang kuat, seperti 89 tahun silam ....

 Terima kasih, semoga wacana ini bermanfaat bagi kita semua.
(Red. Suyatno Uyas)



Kamis, 14 September 2017

SOAL ULANGAN DAN JAWABAN MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE KELAS X TAHUN PELAJARAN 2017/2018



ULANGAN HARIAN
MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE
KELAS X
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pilihlah jawaban yang menurut Anda paling benar, dengan jujur dan bertanggungjawab !


1. Yang dimaksud dengan internet adalah:
a.    Kumpulan komputer yang saling terhubung dalam sebuah ruangan
b.    Kumpulan komputer yang tidak terhubung dalam bentuk jaringan
c.    Kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam bentuk jaringan
d.    Kumpulan komputer yang memiliki kecepatan proses yang sama
e.    Kumpulan komputer yang dapat saling mengendalikan satu dengan yang lain

2. Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh:
a.    Departemen Pertahanan Amerika
b.    Departemen Pertahanan Jepang
c.    Departemen Pertahanan Rusia
d.    Departemen Pertahanan Inggris
e.    Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

3. Munculnya internet di awal tahun 60-an melalui proyek yang disebut:
a.    TCP / IP                            d. NSFNET
b.    ARPANET                          e. BITNET
c.    DARPA

4.Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran atau promosi agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan merupakan pengertian dari....
a.    Pemasaran Online           d. Bisnis Online
b.    Berita Online                   e. Iklan Online
c.    Promosi Online

5.Contoh WEB penyedia iklan gratis yaitu...
c.    www.google.com
d.    www.blogger.com

6.Proses memperkenalkan produk / jasa dan informasi yang dilakukan secara elekttronik dengan memanfaatkan jaringan komputer berbasis internet merupakan pengertian dari...
a.    Internet
b.    Iklan Online
c.    Pemasaran Online
d.    Marketing Content
e.    AdBlock

7.Sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi secara sosial, berpartisipasi, berbagi informasi dan menciptakan isi meliputi jejaring sosial, grup dan dunia virtual merupakan pengertian dari....
a.    Website                            d. Media Massa
b.    Elektronik Mail                e. Media sosial 
c.    Online Shop

8. Pemasaran online memungkinkan untuk memetakan data tertentu dari target pasar seperti halnya gender, usia, dan lokasi, dan bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Ini adalah salah satu manfaat Pemasaran Online dilihat dari aspek ....
a.    Media yang digunakan
b.    Sasaran Demografis
c.    Efektifitas Biaya
d.    Konversi Instan
e.    Perubahan Konten yang Cepat

9. Keuntungan konsumen dalam pemasaran online salah satunya adalah kemudahan dalam memperoleh
informasi mengenai produk yang mereka cari dengan mengetikkan sebuah kata kunci tertentu pada sebuah perangkat lunak layanan internet yang disebut....
a.    Browser                            d. Iklan Online
b.    Search Engine                  e. Email Marketing
c.    Google Advert

10. Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan pemasaran online. Berikut ini yang bukan merupakan media pemasaran online adalah...
a.    Blogging                           d. Email
b.    Media sosial                     e. Wikipedia
c.    Newsletter

11. Meraih keyakinan konsumen sehingga berkeinginan untuk membeli suatu produk iklan online Anda, dan lalu konsumen berdiskusi langsung dengan Anda mengenai produk tersebut. Hal ini adalah salah satu cara kerja Pemasaran Online yang disebut...
a.    Interest                             d. New Comers
b.    Action                               e. Awareness
c.    Desire

12. Biaya pemasaran online sangat murah bila dibandingkan dengan pemasaran langsung, hal ini dijelaskan dalam pernyataan berikut ini....
a.    Membutuhkan ruang display luas dan penataan produk yang dapat terjangkau oleh pandangan konsumen
b.    Mencetak Brosur dan pamflet untuk menyebarluaskan promosi
c.    Tenaga Pramuniaga sangat dibutuhkan sebagai salah satu penentu keberhasilan promosi dan penjualan
d.    Menghubungkan konten marketing anda dengan layanan sosial media untuk memperluas target pasar
e.    Memilih Koran dan Tabloid sebagai alternative media promosi yang digemari para pembaca

13. Kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan, ketika melakukan pemasaran online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse, dikenal dengan istilah....
a.    Demografi                        d. Social Media
b.    Konversi Instan                 e. Awareness
c.    Interest

14. Untuk meraih kepercayaan dalam online marketing, anda perlu menampilkan semacam pembuktian atau ulasan dari beberapa pembeli  tentang produk atau
jasa yang anda tawarkan. Hal ini dinamakan dengan...
a.    Testimoni                         d. News Letter
b.    PR-Online                         e. Marketing Content
c.    Mailing List

15. Email yang berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk  mempromosikan suatu produk atau jasa disebut dengan....
a.    Web Networking              d. Mailing List
b.    Email Marketing              e. E-Commerce
c.    Online Advertising




ESSAY !

1. Apa yang dimaksud dengan IKLAN ONLINE ?

2. Sebutkan 5 macam media / layanan di Internet untuk Marketing online ?

3. Sebutkan 5 Keunggulan /  Manfaat pemasaran online

4. Jelaskan perbedaan antara Pemasaran Online dengan Pemasaran Offline berdasarkan indikator Usaha Meraih Target Konsumen !

5. Sebutkan 4 komponen cara kerja pemasaran online !





KUNCI JAWABAN :
PILIHAN GANDA
1                   C - Kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam bentuk jaringan
2                   A - Departemen Pertahanan Amerika
3                   B - ARPANET
4                   E -. Iklan Online
5                   E - www.bukalapak.com
6                   C - Pemasaran Online      
7                   E - Media sosial 
8                   B - Sasaran Demografis
9                   B - Search Engine 
10              E – Wikipedia
11              C - Desire
12             D - Menghubungkan konten marketing anda dengan layanan sosial media untuk memperluas target pasar
13              B - Konversi Instan
14              A – Testimoni
15              B - Email Marketing

ESSAY !

1. Apa yang dimaksud dengan iklan online??
   jawab: iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan          layanannya,misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

2. Sebutkan 5 macam media / layanan di Internet untuk Marketing online ?
  jawab: -Email Marketing
             -Website Marketing
             -Viral Video
             -Social Media
             -Google Advertising
             -News Letter

3. Apa saja Manfaat pemasaran online ?:
·        - melakukan perubahan dengan cepat
·        - memperoleh hasil secara real time
·        - menentukan sasaran demografis tertentu
·        - banyak media pilihan
·        - penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
·        - kemampuan konversi instan 

4. Jelaskan perbedaan antara Pemasaran Online dengan Pemasaran Offline berdasarkan indikator Usaha Meraih Target Konsumen !
jawab :
Pemasaran Online :
Melalui media online, Anda memiliki sebuah mesin publikasi konten marketing tercanggih untuk menjangkau setiap pengguna Internet sebanyak-banyaknya melalui berbagai layanan yang tersedia di Internet. Sehingga hal ini akan mendatangkan pembeli lebih banyak dan efektif.
Pemasaran Offline :
Sistem pemasaran Online memiliki keterbatasan dalam meraih target konsumen, khususnya dalam hal faktor penyebaran informasi / iklan kepada masyarakat, serta lokas serta faktor geografis maupun demografis. Berbagai hambatan / kelemahan pada sistem pemasaran Offline membuat pengunjung (calon pembeli) yang datang ke toko Anda akan berkurang.

5. Sebutkan 4 komponen cara kerja pemasaran online !
-awareness
-interest
-desire
-action.

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024, Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024 Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju Tanggal 17 Agustus sela...