B. IKLAN DISPLAY
Iklan yang ditampilkan kombinasi antara teks, gambar dan animasi (tetapi tidak interaktif seperti rich media)dan setiap iklan display memiliki ukuran yang telah diatur. Terdapat beberapa jenis iklan display diantaranya yaitu:
1) Interstitial banners
banner yang ditampilkan antara halaman di situs Web. Ketika Anda mengklik dari satu halaman ke halaman lainnya, Anda akan ditampilkan iklan ini sebelum halaman berikutnya ditampilkan. Kadang-kadang iklan tersebut dapat ditutup .
2) Pop-up dan pop-under
Iklan banner ini tampil pada jendela baru yang lebih kecil di atas atau di bawah halaman web. Untuk sebagian pengguna Iklan ini sangat mengganggu, maka pada browser terdapat pilihan untuk memblok iklan banner jenis ini(pop up blocker). Pop-up blocker dapat menjadi masalah karena kadang-kadang sebuah website perlu menggunakan pop - up untuk menampilkan informasi kepada pengguna.
3) Floating advert
Iklan ini muncul di lapisan atas konten, tapi tidak dalam jendela terpisah. Biasanya, pengguna dapat menutup iklan ini. Dengan memilih tombol close yang disertakan pada iklan jenis ini, posisi tombol close ini biasanya di atas pojok kanan. Iklan Mengambang dibuat dengan DHTML atau Flash, dan melayang di lapisan atas konten sebuah situs selama beberapa detik. Seringkali, animasi berakhir dengan menghilang ke dalam sebuah iklan banner di halaman.
4) Wallpaper Advertising
Jenis Iklan ini mengubah latar belakang halaman web yang dilihat. Biasanya, teknik pay per click tidak mungkin digunakan untuk iklan ini. Efek dari iklan ini sulit untuk diukur karena tidak ada kliktayang (clickthrough). Tujuan utama dari iklan jenis ini adalah branding. Karena iklan ini konsisten.
5) Map advertising
Jenis iklan ini ditampilkan pada web pencarian suatu tempat yang hasilnya ditunjukkan pada peta atau solusi pemetaan online, seperti Google Maps.
6) Iklan Banner
Iklan banner adalah sebuah gambar atau animasi yang ditampilkan pada sebuah web untuk tujuan periklanan. Banner statis dengan format GIF atau JPEG, tetapi banner juga dapat menggunakan media lannya seperti Flash, video, JavaScript, HTML5 dan teknologi interaktif lainnya.
Teknologi interaktif memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dan bertransaksi dalam banner. Banner tidak terbatas pada ruang mereka menempati, beberapa spanduk memperluas pada mouseover atau saat diklik.
Terdapat ukuran standar untuk iklan banner, baik banner statis atau dinamis. Ukurannya dinyatakan dengan pixel dan byte, misalkan ukuran banner 20px x 20px dengan besar file 50 Kilobyte. Ukuran banner dapat dilihat pada Gambar 7.24.
7) Video online advertising banner
Bentuk iklan yang ditargetkan pada konten video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang dapat tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya konten video tertentu. Sebuah video berjudul dapat meningkatkan lalu lintas web dengan memanfaatkan SEO.
Contoh: AdSense for Video (Youtube).
8) Iklan Media Sosial
Iklan ditampilkan kepada pengguna jejaring sosial. Cara kerjanya memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti info dari mulut ke mulut, rekomendasi langsung dari teman ke teman dan grup dengan topik tertentu misalkan mancing. Penyedia iklan jaringan sosial diantaranya Facebook, YouTube (melalui Google AdWords ) VideoEgg, Meebo, twitter dan LinkedIn. Pengiklanan ini sering dilengkapi solusi iklan lain yang ditawarkan. Target iklan berdasarkan perilaku, kepentingan pengguna , demografi, tetapi dapat berupa kata kunci atau konten (terutama untuk iklan di YouTube). Ada kalanya iklan pada media sosial ini dapat berupa display, teks bahkan rich media.
C. IKLAN RICH MEDIA (MULTIMEDIA)
The Interactive Advertising Bureau (IAB) telah menentukan aturan untuk iklan jenis ini. iklan rich media adalah iklan yang dapat berinteraksi dengan konsumen dan merupakan gabungan antara video, teks, gambar, animasi dan suara. Iklan berbentuk animasi tetapi tidak terdapat interaksi maka disebut iklan display.
Ada banyak jenis iklan ini diantaranya:
1) peel-back
2) floating
3) expanding
4) transitional (interstitial, introstitial, exterstitial)
5) video
6) popup/popunder
0 komentar:
Posting Komentar